Review: Private Eye in the Distant Sea

Balik lagi dengan review film anime, kali ini saya review dari serial karangan Aoyama Gosho, Detective Conan. Setelah lama menunggu hasil subbing dari dctp, minggu lalu akhirnya menonton movie ke 17 ini, fansub by The Moonlighters. Sedikit kecewa karena pada akhirnya saya berharap banyak dari dctp. Kedua kalinya sejak tahun lalu menonton dengan fansub yang berbeda, tidak dari dctp lagi.

Sejak April sudah berharap banyak tentang movie ke 17 ini. Terlebih lagi melihat trailer video-nya yang di mana terlihat Conan meneteskan air matanya. Peristiwa yang langka sekali dalam serial Detective Conan, seingat saya Conan/Shinichi tidak pernah menangis sama sekali. Oh iya, jika kedua movie sebelumnya bersangkutan dengan bom, berbeda dengan movie kali ini yang menyangkutkan tentang pertahanan sebuah negara.

Diceritakan Conan dan kawan-kawannya mendapat kesempatan untuk menaiki kapal Aegis yang merupakan kapal pertahanan di pesisir lautan Jepang. Mereka semua menyaksikan sebuah simulasi Aegis ini saat beroperasi. Dalam simulasi tersebut terlihat ada yang mencurigakan bahkan setelah simulasi selesai Conan dan Ran tak sengaja menguping staff yang menemukan potongan jasad. Sejak itu kasus dimulai secara diam-diam karena tidak ingin penumpang lain ikut terlibat.

Singkat cerita, setelah beberapa hipotesis dari beberapa orang hingga terungkapnya file data yang dicuri oleh seorang spy negara asing. File tersebut berisi letak kapal-kapal Aegis di beberapa pesisir Jepang. Jika hal tersebut diketahui oleh negara asing, akan menjadi masalah. Bersama pihak kepolisian dan beberapa staff dari badan pertahanan Jepang mereka mencoba mencari siapa spy tersebut.

Pada akhir terjadilah twist yang di mana jasad yang ditemukan tidak ada kaitannya dengan spy. Cerita tak selesai dengan penjelasan dari Kogoro Tidur. Mereka semua mencari Ran yang hilang di lautan. Dan di sinilah momen Conan meneteskan air mata itu. 😀

Secara keseluruhan, movie kali ini berada di rata-rata. Mengapa? Menurut saya terlihat tanggung sekali. Kasusnya terlihat tanggung, timeline cerita hanya berlangsung sehari saja, itu pun tidak penuh sehari. Dan hanya terjadi di kapal tersebut. Peran Heiji dan Agasa yang mencari data di luar kapal tersebut hanya sebagai supporting saja.

Mungkin ini juga movie Conan yang pertama yang timeline-nya kurang dari 24 jam. Seingat saya belum ada di movie-movie sebelumnya. (Kasih ralat bila salah mengenai hal tersebut :p) Setidaknya di movie ini kita sedikit diberi info tentang pertahanan di Jepang sana dan ini berkaitan dengan pertahanan lautnya. Coba saja Indonesia bisa belajar dari Jepang, mungkin pulau-pulau kecil yang di ambil negara tetangga tak pernah terjadi. Secara Indonesia dan Jepang sama-sama negara kepulauan.

Poin plusnya adalah diperlihatkan hubungan Heiji dan Kazuha yang mulai terlihat sedikit akrab. Tidak seperti biasanya. Khawatirnya Kazuha melihat darah pada Heiji dan Aksi heroik Heiji menyelamatkan Kazuha dari tembakan. Di lain pihak, Ran yang hilang di lautan membuat Conan/Shinichi cemas bahkan tak dapat mencari tahu bagaimana menemukan Ran di lautan. Begitu pentingnya Ran bagi Shinichi.

Walau tak begitu ramai, movie ke 17 ini harus banget ditonton karena sedikit melihat sisi yang berbeda dari movie-movie sebelumnya. Entah mengapa saya melihatnya seperti itu, mungkin karena kasus terjadi di satu tempat (walau ada support chara di luar kapal) dan timeline-nya kurang dari 24 jam.  Saya masih berharap akan ada movie yang sebanding dengan The Raven Chaser, Full Score of Fear, The Private Eyes’ Requiem, dan Captured in Her Eyes. Lima movie tersebut masih berada di peringkat teratas bagi saya sendiri.

Untuk Movie 18 saya berharap banyak sekali karena membawa aksi karakter-karakter baru seperti Sera, Okiya, dan Amuro. Mungkin juga bersangkutan dengan FBI dan juga mungkin muncul beberapa anggota Black Organization. Let’s see maybe kebenaran tentang Akai akan dimunculkan di movie ini atau bahkan sebelum/sesudah movie ini rilis.

And this is the pict teaser for Movie 18

Judul The Sniper from Another Dimension, tapi entah ini sudah resmi atau belum. Melihat sudah banyak yang menyebutkan judul tersebut sepertinya sudah resmi. Judul jepangnya Ijigen no Sniper. Untuk berita lengkapnya check http://www.animenewsnetwork.com/news/2013-11-29/detective-conan/ijigen-no-sniper-film-opens-in-april. 

Jadwal rilis di Jepang: April 19, 2014.

Untuk sekuel Lupin the 3rd vs Detective Conan juga akan rilis di Jepang Sabtu tanggal 7 Desember 2013. Mungkin Kaito Kid akan muncul juga di film ini. :p

See you in next review 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s