19 Tahun Sudah, Lalu Apa?

google doodle 26Tepat tanggal 26 Juli kemarin saya menginjak umur 19 tahun dan akan menjalani umur belasan terakhir. Tak terasa waktu cepat sekali bergulir tiap tahun. Rasanya kemarin baru bisa naik sepeda roda dua setelah nabrak pohon taman komplek. Ingatnya baru kemarin galau-in kakak kelas di tingkat sekolah dasar. Baru kemarin juga bercita-cita jadi pengusaha dan buat sekolah yang saya menjadi gurunya. Padahal itu semua sudah berpuluh tahun yang lalu. Rasanya terlalu cepat bahkan beberapa saudara saya kaget mengetahui saya sudah menginjak 19 tahun.

Makin bertambah tahun makin mengerti kehidupan, tiap tahun makin tahu tentang perkembangan. 19 tahun sudah, lalu apa?

Tak ada apa-apa, semua baik-baik saja. Hanya saja yang namanya hidup selalu berubah setiap waktu. Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Saya berdoa untuk masih dapat merasakan apa yang telah dirasakan 19 tahun ini. Tiba-tiba saya mengingat kejadian-kejadian selama 19 tahun ini, rasanya ingin menertawakan diri sendiri.

Ada yang bilang umur 19 tahun sudah mendekati yang namanya dewasa. Bagi saya sendiri dewasa tak dihitung dari umur seseorang. Jadi umur berapa saja anda bila tindakannya mencerminkan kedewasaan, umur tak lagi dilihat. Apa saya dewasa? Tidak, bagi saya. Masih terlalu dini dengan tindakan-tindakan saya yang tak mencerminkan kedewasaan itu.

Saya hanya ingin berterima kasih pada kalian yang masih mengingat saya, yang masih mengenal saya selama 19 tahun ini. Saya tersadar banyak yang sudah tak mengenal dan mengingat saya. Bukan salah mereka, itu salah saya. Selama 19 tahun ini terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. It’s nice to know all of you.

3 thoughts on “19 Tahun Sudah, Lalu Apa?

  1. Yup, umur biologis emang ga selalu berbanding lurus sama umur psikologis. Tapi idealnya ya makin berumur harusnya makin dewasa.

    Jadi inget ttg post saya tahun kemarin nih, galau karena udah 19 tahun belum ngehasilin karya apa2. Happy sweet nineteen!

Leave a Reply

