MERDEKA (dengan tanda tanya)

Ketika hanya kata MERDEKA yang membangkitkan semangat nasionalisme para pendahulu kita. Bagaimana dengan kita? Kita hanya menikmati kata MERDEKA tersebut tanpa dapat melakukan apa pun untuk negeri kita ini. Malukah kita? Berpijak pada hasil suara MERDEKA mereka tanpa bisa memberikan hal yang terbaik untuk bangsa ini. Pantaskah kita?

Sudah saatnya kita sadar bahwa negeri ini belum sepenuhnya MERDEKA. Kita sebagai penerus kata MERDEKA harus melakukan yang terbaik. Penyambung antar generasi saat ini tak menyadari apa yang mereka lakukan untuk negeri ini. Apa yang telah mereka perbuat hanya untuk kepentingan mereka, sadarkah kita ada yang salah dengan negeri ini?

Tanah subur? Hasil tambang melimpah? Ikan di lautan menyerupai semut? Hutan lebat? Kita ini kaya, tapi mengapa? Mengapa masih banyak yang belum merdeka. Merdeka dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, serta budaya dan agama. Apa yang perlu dimasalahkan bila kita kaya tetapi masih ada yang belum merdeka?

Apa bedanya kita dengan mereka kalau kita tak menyadari apa yang telah terjadi dengan negeri ini? Apa bedanya kita dengan mereka bila tak melakukan apapun untuk negeri ini? Merdeka, hanya sebuah kata dari para pendahulu untuk negeri ini. Kita hanya dapat meneruskan kata itu untuk membangkitkan rasa nasionalisme yang mati bukan untuk negeri ini. Kata yang tepat untuk kita yang hidup setelah para pendahulu adalah KONTRIBUSI.

Sadarkah kita bahwa kita belum memberikan kontribusi untuk negeri ini? Sadarkah kita bahwa mereka tak banyak memberi kontribusi untuk negeri? Jadi masih dapatkah kita bermalas-malasan untuk negeri ini?

Sedikit perubahan untuk perubahan yang besar. Sedikit cahaya untuk penglihatan yang terang. Sambut 67 tahun dengan introspeksi diri. Apa yang dapat kita berikan untuk negeri ini? Sudah cukupkah kontribusi kita untuk negeri? Saat inilah kita para generasi muda yang harus memberikan lebih negeri ini.

Jadi apalah arti MERDEKA untuk negeri ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s