Jingga di Ujung Senja

Memang matahari mulai tergelincir di arah barat. Seakan ingin tenggelam di batas horizon yang tak terlihat tersebut. Warna biru langitpun tersamar oleh cahaya matahari dan membentuk warna jingga yang indah.

Lampu-lampu jembatan ini pun mulai menyala dan lampu-lampu di sekitarnya. Jembatan yang menjadi lambang kota pempek ini mulai terhiasi indah karenanya.

Dan aku disini, di tepi tengah jembatan yang katanya dulu bisa terangkat dan membelah supaya kapal besar yang melintasi Sungai Musi ini bisa melewati jembatan.

Kendaraan mulai lalu-lantang melintasi sungai, pendagang mulai mencoba menawarkan dagangannya yang di dominasi oleh pedagang pempek.

Mereka pun mencoba menawari dagangannya kepadaku juga. Tapi aku acuhkan. Entahlah tapi aku mendengar beberapa orang mulai mengumpat karena aku tak memperhatikan langkah-langkahku.

Aku tak peduli pada mereka.

Aku bahkan tak mempunyai hubungan pada mereka semua.

Hidupnya, keluarganya, pekerjaannya, hartanya.

Masa bodoh buat semuanya itu. Aku tak peduli pada mereka.

Mengapa aku harus peduli? Mengapa aku harus mengetahui mereka? Apa mereka peduli padaku? Mengetahui aku? Tidak!

Aku mulai melihat Sungai Musi ini dengan seksama. Mengapa masyarakat sini membanggakan sungai ini? Mengapa ia begitu istimewa? Mengapa, mengapa, mengapa? Mengapa tidak padaku?

Aku mulai berdiri di tepi jembatan, menatap hamparan air sungai di depanku. Orang-orang mulai berteriak-teriak panik, tapi mereka terlambat. Aku tak peduli mereka.

Dan aku meringankan badanku, angin sore mulai mendorongku. Terakhir yang kulihat adalah senja.

2 thoughts on “Jingga di Ujung Senja

Leave a Reply

