Ini Bukan Judul Terakhir

Tak cukup bagiku untuk bisa membuatmu tersenyum, tak cukup bagiku untuk membuatmu begitu perhatian padaku. Hidup selalu berputar walau tak terasa kita telah mengalami suatu perubahan tertentu. Tak cukup dengan berputar, kali ini hidup terasa jungkir balik.

Aku terdiam untuk beberapa lama melihat dirimu dengan wajah yang penuh senyum di setiap saat itu. Tak menyangka kau akan mengatakan kata-kata yang mungkin akan menjadi kata yang paling indah yang pernah ku dengar.

“Terima kasih atas setiap judul bab yang kamu tulis, Dany.”

Aku pun masih terdiam dengan memperhatikan wajah manismu itu di sampingmu. Kamu mengucapkannya dengan sangat susah payah, aku tahu itu.

“Happy ending, yah?” ucapmu sambil menerawang ke arah jendela yang memperlihatkan sudut taman kecil. “Andai itu sad ending, mungkin akan lebih pas.”

Aku tahu maksudmu, aku tak tahu harus bagaimana untuk menghiburmu. Bisakah kamu singkirkan wajahmu yang sedih itu? Aku muak melihatnya.

“Lupakan niatmu yang waktu itu, Dany! Kamu berbakat, tanpa aku pun kamu pasti bisa, Dany.”

“Aku tak yakin dan ini semua tak akan boleh terjadi. Aku butuh kamu,” ucapku membantahmu, aku melihat kau menghelakan nafas panjangmu. Dan kau terlihat sangat lelah, aku tak tahu apa, tapi ini yang tak ingin ku impikan.

“Ini permintaanku, Dany. Kamu bisa tanpa aku, kau berjanji?” ucapmu dengan sisa-sisa kekuatanmu. Aku benci melihat itu, aku bahkan menyerah dan berjanji karena kau sudah terlihat sangat ingin pergi.

Di kamar ini aku berjanji dan nampaknya kau sudah pergi dengan cepat. Aku memegang tanganmu erat, tak terasa kulitnya sudah hampir dingin. Wajahmu terlihat senang karena aku sudah berjanji denganmu. Aku tak kuasa menahan apa yang ingin ku keluarkan, tak begitu mudah meninggalkanmu di sana.

“Ya, aku berjanji, ini bukan judul yang terakhir seperti niatku dulu,” ucapku sambil memegang tanganmu yang dingin erat. Air mata ini menjadi pengantar kebahagianmu di sana. Selamat jalan Fera…

Leave a Reply

